Internet sudah bukan menjadi barang asing dan mahal bagi masyarakat, apalagi bagi mahasiswa. Dengan demikian pemanfaatan internet dalam perkuliahan (e-learning) sudah saatnya dilakukan dengan maksimal. Pada dasarnya ada dua hal pokok yang perlu dipahami dalam pemanfaatan e-learning. Kedua hal tersebut adalah penyampaian materi dan penyampaian aktifitas secara online.

Penambahan materi (add resources) adalah memasukkan materi pembelajaran berupa file ke situs e-learning. Materi dapat berupa file doc, pdf, ppt, jpg, gif dan sebagainya. Beberapa pengajar masih beranggapan bahwa file yang di upload untuk situs e-learning hanya ppt dan pdf. Sebenarnya semua type file dapat kita manfaatkan untuk penyampaian materi perkuliahan. Beberapa pengajar juga merasa kesulitan menambahkan materi karena minimnya file yang dimiliki. Padahal catatan tulisan tanganpun dapat kita scan dan diupload. Selain itu kita dapat mengambil materi dari situs lain yang dianggap relevan ke situs e-learning kita. Untuk keperluan ini kita gunakan fasilitas link.

Aktifitas yang dilakukan melalui situs e-learning antara lain pemberian tugas dan diskusi online. Koreksi tugas dapat dilakukan secara manual maupun otomatis, tergantung pilihan kita. Diskusi dengan topik yang sesuai dengan materi kuliah dapat dilakukan dan juga diberikan nilai.
Pengajar yang baru memanfaatkan e-learning sebatas penyampaian materi secara online masuk dalam kategori pengguna e-learning pasif. Pengajar yang sudah melakukan aktifitas secara online , misal pemberian tugas dan diskusi secara online disebut pengguna e-learning aktif.

Pemanfaatan elearning

Pelatihan e-learning

. ; .; .