Seperti yang sudah sering kita dengar dari ceramah- ceramah , pengajian, kajian, bahwa sedekah adalah perintah agama. Sedekah merupakan pemberian dari kita ke orang lain yang membutuhkan. Sedekah adalah ajaib. Banyak kita dengar contoh contoh, pengalaman- pengalaman saudara saudara kita tentang keajaiban sedekah. Allah akan melipatgandakan balasan dari sedekah kita. Mungkin pengalaman kita sendiri banyak yang membuktikan hal tersebut. Atau .. barangkali belum pernah sedekah ?? Seharusnya menjadi gaya hidup.

Selama ini sedekah dipahami sebagai pemberian harta, bisa berupa uang maupun barang. Kita bersedekah ke fakir miskin, ke yatim piatu dengan membawa atau memberikan uang. Ada pula yang berupa barang , misalnya makanan , pakaian, buku – buku pelajaran dan sebagainya. Orang – orang yang berprofesi sebagai ilmuwan, guru, dosen dan sebagainya melakukan hal yang sama ketika “bersedekah”. Kebanyakan melupakan sedekah dengan bentuk lain yang dapat diberikan, yaitu sedekah ilmu.

Beberapa teman guru atau dosen agak pelit dalam share file , baik offline, apalagi online. Alasan yang digunakan kebanyakan adalah ” hak cipta”. Ini sama dengan susah bersedekah. Insya Allah, ilmu yang di share, dibagi , atau istilah saya disedekahkan , akan “dibeli” hak ciptanya oleh Allah. Allah Maha Kaya, sehingga balasan yang di berikanpun mestinya berlipat. Balasan ( di dunia) bisa berupa rejeki yang berujud harta ( uang), bisa berupa rejeki dalam bentuk yang lain, misal kesehatan, keselamatan , ketenteraman dan sebagainya. Atau bahkan semuanya kita dapatkan, uang dan selain uang.

Ilmu yang di berikan secara online akan memiliki manfaat yang lebih. Orang seluruh dunia dalam waktu yang tidak terbatas dapat mengakses. Ketika orang lain memanfaatkan ilmu yang kita share, Insya Allah pahala bagi kita. File yang di sharing dapat dianggap sebagai barang, maupaun sebagai ilmu. Mari kita sebarkan ilmu , sebanyak yang kita peroleh.